Panen Perdana Keramba Budidaya Ikan Kerapu di Desa Bancar

                 Tepatnya diutara Pantai Sendang desa Bancar kecamatan Bancar kabupaten Tuban kira-kira berjarak 500 m dari bibir pantai, terdapat keramba jaring apung  budidaya ikan kerapu yang dikelola oleh pokdakan desa Bancar yaitu pokdakan Bina Bahari dan Pokdakan sendang Marina. Keramba tersebut merupakan bantuan dari  APBD Provinsi  Jawa Timur tahun anggaran 2017 melalui Dinas Perikanan Kabupaten Tuban. Pokdakan desa Bancar memperoleh bantuan sebanyak 2 keramba masing-masing keramba dengan ukuran 6 x 12 m dan tiap keramba dibagi menjadi  8 petak. Serta benih ikan kerapu jenis canthang sebanyak 3500 ekor  dan tambahan pakan sebanyak 5 kwintal kira-kira senilai 1 juta untuk tiap keramba.

                Pokdakan Bina Bahari pada tanggal 6 November 2017 mulai menabur benih  ikan kerapu jenis canthang  di keramba berjumlah 3500 ekor. Dalam sehari pokdakan memberi pakan pada benih ikan kerapu sebanyak 2 kali. Pakan untuk ikan kerapu adalah jenis ikan rucah yang dipotong kecil-kecil, setelah berumur 6 bulan ikan kerapu siap untuk dipanen.

                Pada tanggal 2 Mei  2018 pokdakan Desa Bancar panen perdana ikan kerapu yang dihadiri oleh bapak Bupati Tuban beserta rombongan, Dinas Perikanan Kabupaten Tuban beserta Rombongan, Forkopimka Bancar, Kepala Desa Bancar beserta Perangkat Desa Bancar, TNI AL Posmat Bancar yang meninjau lokasi dan memanen ikan kerapu  di keramba apung laut di desa Bancar. Setelah dari  lokasi keramba rombongan tersebut mencicipi olahan hasil panen ikan kerapu bersama-sama. Bapak bupati Tuban berharap ada pokdakan-pokdakan lainnya yang memanfaatkan perairan laut. Dan harapan dari Kepala Desa Bancar Bapak Mukzi , dengan adanya budidaya keramba ikan kerapu ini  dapat menopang perekonomian dan membuka peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa Bancar.

                Menurut bapak Imam Bukhori salah satu dari anggota pokdakan Bina bahari desa Bancar mengatakan bahwa hasil dari panen perdana ini cukup memuaskan. Dari penaburan bibit 3500 dapat dihasilkan 70rkualitas baik dan 10% kualitas rendah (afkir) dan 20% mengalami kematian dan lepas dari keramba akibat faktor alam (cuaca buruk). Saat panen rata-rata berat ikan kerapu  perekor  500 gram -700 gram. Hasil dari panen perdana ini kira-kira mencapai 1,3 ton berkualitas baik dan 1,7 kwintal kualitas rendah. Dengan estimasi harga jual 80 ribu per kg kualitas baik dan harga jual 35 ribu-40 ribu per kg kualitas rendah (afkir). Dari hasil panen perdana ini pokdakan desa Bancar tetap optimis dan berharap kedepannya tetap berkelanjutan dan lebih baik lagi.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)